Mau beli rumah dalam 40hari???

Kamis, 18 Maret 2010

Karikatur Bahasa Indonesia


Karikatur di atas adalah mengenai keadaan sosial masyarakat menengah ke bawah di Indonesia. Gambar di atas hanya mewakili sebagian kecil dari masalah-masalah yang dihadapi rakyat Indonesia, terutama masalah Ekonomi. Banyak sekali masyarakat kecil di Indonesia yang berpenghasilan rendah dan kehidupan sosialnya pun dibawah rata-rata, namun hidup mereka masih saja banyak yang ditekan dengan peraturan-peraturan dari pemerintah, yang membuat hidup mereka lebih susah lagi. Bisa dilihat dari gambar yang di sebelah kiri, seorang petani dengan anaknya. Petani tersebut berkata “Maafin Abah lek, lahan kita digusur. Katanya buat proyek bijih besi gitu deh…Abah dah gak tahan!”. Lahan dari sang petani digusur oleh pemerintah. Bayangkan saja, penghasilan utama dari seorang petani digusur, sedangkan dia harus memenuhi kebutuhan hidup anak, istri dan dirinya sendiri, lalu dengan apa petani tersebut bisa mencari nafkah kalau lahannya digusur?? Bahkan digambarkan, petani tersebut sudah tidak tahan menghadapi hidupnya dan ingin mengakhiri hidupnya dengan menodongkan pistol ke kepalanya sendiri. Apalagi anak di sebelah petani itu terus menerus menangis karena ingin minum susu, tapi apa daya, ayahnya sudah tidak sanggup membiayai hidup anaknya. Memang pada setiap penggusuran lahan ada ganti rugi berupa uang dari pemerintah, namun nominal nya tidak setimpal dengan apa yang diambil, sehingga untuk membuka lahan baru pun tidak cukup modalnya.

Beda lagi dengan gambar yang di sebelah kanan, seorang ibu berkata kepada anaknya “Maafin Emak nduk, kita dipaksa pake elpiji gitu deh…tapi, harganya beraatt…Emak udah gak kkuuuuaaatttt!!!”. Memang program pemerintah untuk mengalihkan penggunaan minyak tanah menjadi menggunakan Gas Elpiji adalah program yang bagus, selain penggunaan nya lebih aman, penggunaannya pun relatif lebih hemat. Namun makin lama harga elpijinya pun naik terus menerus, membuat warga yang sudah menggunakan elpiji pun merasa terdesak. Digambar kan diatas, ibu itu berusaha menggendong tabung gas elpiji 12kg, namun lama kelamaan dia sudah tidak kuat lagi, sedangkan anaknya merongrong terus ibunya, karena sang anak lapar dan minta makan.

Dan yang terakhir adalah seorang anak muda yang terkurung di dalam sebuah botol, anak muda ini berusaha untuk berteriak dan melakukan sesuatu, namun dia tidak bisa berbuat banyak karena dia terkurung dalam botol. Gambar ini menggambarkan tentang orang-orang yang banyak ingin mengeluhkan keadaan ekonomi dan sosial para masyarakat kecil yang kehidupannya di bawah rata-rata. Seperti petani dan ibu pada gambar di atas. Namun memang pemerintah adalah tetap penguasanya, banyak mahasiswa, lembaga-lembaga LSM, organisasi-organisasi sosial yang demo ke pemerintah, berusaha menyuarakan suara rakyat kecil, namun tetap saja, hal-hal itu hanya dianggap angin lalu oleh pemerintah, tidak ada tindakan yang terlihat signifikan dalam memperbaiki kehidupan ekonomi masyarakat kecil. Entah bagaimana yang akan terjadi kehidupan masyarakat Indonesia ke depannya nanti. Tapi yang jelas hingga saat ini, Yang Kaya Semakin Kaya, Yang Miskin Semakin Miskin.

GBU

Tidak ada komentar:

Posting Komentar