Mau beli rumah dalam 40hari???

Jumat, 09 April 2010

Bisnis Online

Semakin berkembangnya tekhnologi zaman, bisnis di dunia maya pun semakin berkembang. Salah satunya adalah Bisnis Online. Apa itu bisnis online? Bisnis online merupakan proses jual beli yang terjadi di dalam dunia maya. Bisnis ini bisa dibilang sangat menguntungkan, selain sang pemilik bisnis ini tidak perlu repot-repot bertemu dengan customer, pemilik bisnis ini pun mempunyai waktu yang lebih bebas dan fleksibel. Bisnis ini mulai berkembang mulai dari awal tahun 2000 an. Barang yang dijual pun bermacam-macam jenisnya, mulai dari handphone, kacamata, jam tangan, sepatu, laptop, dan lain-lain. Customer pun bisa lebih santai dalam berbelanja, mereka bisa lihat-lihat dulu barangnya di situs yang disediakan pemilik bisnis online ini dan customer tidak perlu repot-repot cari barang kesana kemari, cukup searching saja di google, yang nantinya google akan menampilkan berbagai jenis pedagang online.
Proses pembeliannya pun cukup mudah, ketika customer tahu apa yang mau dibeli, mereka cukup sms atau menelepon nomor yang disediakan, pesan apa yang diinginkan, lalu customer harus transfer jumlah uang terlebih dahulu, dan nantinya barang akan dikirimkan oleh pedagang online melalui jasa pengiriman barang, baik itu TikiJNE, Pos Indonesia, dan lain-lain.
Memang dalam bisnis ini dibutuhkan kepercayaan yang tinggi, baik dari customer maupun dari pihak pedagang. Pasalnya banyak sekali kasus penipuan berkedok bisnis online terjadi dalam dunia maya. Misalnya customer memesan barang, lalu mentransfer sejumlah uang kepada pedagang online, tetapi barang tak kunjung dikirim juga, hal seperti inilah yang umumnya banyak terjadi. Dan sebaliknya, ada customer yang berpura-pura ingin membeli dan mengaku sudah mentransfer sejumlah uang, dan ketika barang sudah dikirim dan diterima, ternyata uang tersebut belum ditrasnfer. Hal-hal seperti inilah yang kerap menjadi permasalahan utama dalam proses jual beli di dalam dunia maya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar